0


PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meminta nasabahnya untuk waspada terhadap "sinkronisasi token" pada saat membuka internet banking . Pasalnya , konfirmasi token yang muncul bukan berasal dari BCA .

"Tidak ada 'konfirmasi token' dari BCA . Apabila data nasabah diminta akan hal itu , terutama token diminta berulang-ulang , itu berbahaya," ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja saat memberikan keterangan untuk publik .

Menurut dia, "konfirmasi token" saat membuka Internet Banking BCA terjadi karena komputer nasabah terkena virus . Hal itu membuat tampilan "konfirmasi token" terus muncul dengan tulisan "Sinkronisasi Token KEYBCA".
BCA sendiri , kata Jahja , sudah melakukan sosialisasi terhadap temuan tersebut . Pasalnya , data nasabah bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab . "Kita juga sudah sosialisasikan bilamana kalau ada hal yang aneh , telepon ke Halo BCA 500-888," kata Jahja .


BCA Internet Banking

Sementara itu , saat dihubungi terpisah , Head of Halo BCA Wani Sabu mengatakan jika kasus "konfirmasi token" itu memang masih belum banyak terjadi . Akan tetapi , dia meminta nasabah untuk segera melaporkan setiap kejadian terkait "konfirmasi token" itu . "Masih belum banyak , akan tetapi harus segera melaporkan kepada Halo BCA," kata dia.

Sependapat dengan Jahja , Wani mengatakan bahwa penyebab munculnya "konfirmasi token" itu dikarenakan komputer nasabah terkena virus tertentu . Walau begitu , BCA , kata Wan i, bisa mendeteksi apabila terjadi transaksi yang mencurigakan . Oleh karena itu , dia meminta nasabah untuk segera melaporkan kejadian tersebut .

Sebelumnya , sebuah informasi beredar di media sosial tentang seorang nasabah BCA yang merasa bahwa rekeningnya dibobol setelah dia berulang kali gagal melakukan transaksi menggunakan Internet Banking BCA . Pada saat nasabah tersebut melakukan login , muncul tampilan "sinkronisasi token" dan menyebabkan komputer hang . Setelah restart dan kembali login ke Internet Banking BCA , nasabah mendapati uangnya telah berkurang dari nominal yang dia punyai sebelumnya."

Posting Komentar

 
Top