0

'Apakah saya memiliki bakat?'
'Bagaimana jika saya tidak melakukan apa yang benar untuk saya?'
'Bagaimana jika saya menelepon dalam hidup benar-benar berbeda?'



Pertanyaan semacam ini melintas di benak ribuan orang di sekitar Dunia tanpa memandang usianya.
Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang itu, mungkin inilah saatnya untuk beristirahat dan menentukan siapa diri Anda sebenarnya. Mungkin kedengarannya sulit - dan ini - tapi pikirkanlah secara logis dan Anda akan menyadari bahwa semakin Anda menundanya, semakin lama Anda terjebak dalam lingkaran keraguan dan kebingungan yang sama tentang ke mana Anda pergi dalam kehidupan. .
Untuk membantu Anda, berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membantu Anda menemukan di mana bakat sejati Anda.

Langkah 1: Ingat semua impian Anda
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengingat semua impian nyata yang Anda alami sepanjang hidup Anda - kembali ke masa kanak-kanak sampai ke sekolah dan tahun-tahun kuliah Anda, dan akhirnya sebagai orang dewasa. Tulislah.

Langkah 2: Pisahkan 'untuk memiliki' dan 'menjadi'
Sekarang setelah Anda menuliskan semua impian Anda, Anda perlu memisahkannya menjadi dua kategori:
'Miliki' mimpi: hal-hal yang melibatkan Anda mendapatkan sesuatu yang tidak Anda miliki saat ini.
'Menjadi' mimpi: hal-hal yang melibatkan Anda mengambil peran baru dalam kehidupan.
Sekarang tulislah mimpi 'menjadi' secara terpisah - kita hanya akan bekerja dengan mereka.

Langkah 3: Apa yang memicu reaksi di dalam kamu?
Apakah Anda ingat jika Anda pernah merasakan kegembiraan saat Anda melihat orang lain memenuhi peran tertentu dalam kehidupan? Apakah kamu ingin berada di tempat mereka? Jika ya, tulislah.

Langkah 4: Apa yang Anda sukai?
Catat setiap kegiatan atau hobi yang pernah Anda nikmati di masa lalu. Apa yang Anda suka lakukan saat Anda masih kecil, atau remaja, dan seperti orang dewasa? Apa yang sedang anda lakukan?

Langkah 5: Singkirkan apa yang tidak Anda butuhkan
Lihatlah semua yang telah Anda tulis sejauh ini. Berpikirlah keras tentang setiap impian 'menjadi diri' Anda, dan lihatlah mana yang masih menimbulkan reaksi emosional di dalam diri Anda - perasaan kegembiraan yang dibahas di langkah 3. Sekarang bayangkan diri Anda dalam peran itu. Apa yang akan Anda lakukan saat ini jika Anda berperan? Bagaimana perasaanmu?
Perhatikan seberapa kuat reaksi emosional Anda untuk membayangkan diri Anda dalam berbagai peran. Evaluasi kekuatan reaksi Anda untuk masing-masing pada skala 1 sampai 10.

Langkah 6: Strike out the worst
Sekarang matilah semua mimpi 'menjadi' yang Anda berikan pada evaluasi terendah pada langkah sebelumnya. Inilah impian yang bisa Anda berikan saat ini - jelas bahwa mereka tidak lagi berarti sebanyak Anda seperti sebelumnya dan Anda tidak membutuhkannya lagi.

Langkah 7: Mengelompokkan berbagai hal
Jadi, sekarang Anda memiliki daftar tujuan nyata dan bawaan untuk hidup Anda. Saat ini mereka semua tergabung dalam daftar. Lihatlah daftar itu dengan hati-hati dan tanyakan pada diri Anda - impian mana yang bisa saya kelola? Mana yang saling berhubungan atau intinya sangat mirip?

Langkah 8: Sebutkan masing-masing kelompok
Lihatlah setiap kelompok yang telah Anda susun dan beri nama pada masing-masing kelompok. Setiap nama harus mengatakan sesuatu tentang salah satu talenta bawaan Anda yang menghasilkan sejumlah mimpi yang saling berhubungan.

Langkah 9: Cari hubungan antar kelompok
Kita hampir sampai! Sekarang Anda hanya perlu mencari tahu apa yang menghubungkan kelompok-kelompok yang berbeda secara bersamaan. Tuliskan nama-nama kelompok dalam daftar. Pikirkanlah bagaimana keberadaan satu kelompok mendukung eksistensi yang lain. Latihan ini hampir selalu menunjukkan bahwa ada hubungan antara kelompok.

Langkah 10: Cari outlet untuk bakat Anda
Pikirkan dan kemudian tuliskan semua kemungkinan untuk mewujudkan impian Anda dalam kehidupan nyata. Bidang profesional atau kehidupan pribadi Anda yang sedang kita bicarakan di sini? Kegiatan apa yang melibatkannya? Apakah impian dan talenta Anda memiliki pengaruh terhadap lebih dari satu bidang aktivitas atau profesi? Semakin banyak ide yang Anda dapatkan di sini semakin baik.

Langkah 11: Tentukan tujuan hidup Anda
Jadi, sekarang setelah Anda mendapatkan daftar potensi outlet untuk impian dan bakat Anda, evaluasi setiap skenario pada skala 1 sampai 10 - dari yang paling kecil hingga ide yang paling menarik.
Sekarang harus jelas apa arah konkret yang Anda butuhkan untuk masuk untuk mencapai apa yang benar-benar menarik minat Anda. Jika bisa sampai di sana, Anda bisa yakin bahwa pencapaian mimpi ini akan membawa Anda kebahagiaan nyata dalam hidup. Karena tentu saja, ketika Anda tahu di mana bakat sejati Anda berbohong dan Anda memiliki kesempatan untuk mewujudkannya, Anda akan merasa lebih percaya diri dan antusias.




Posting Komentar

 
Top