0
Ilustrasi

Meski kamu sudah menjaga kebersihan gigi dengan baik , masih ada bakteri dalam mulut . Bakteri ini akan bercampur dengan protein dan sisa makanan yang menempel di gigi yang biasa disebut plak gigi . Penumpukan plak di gigi akan membuatnya menjadi tartar atau karang gigi .

Berikut adalah beberapa cara untuk mengontrol pertumbuhan karang gigi :

•  Sikat gigi secara teratur 2x sehari selama setidaknya 2 sampai dengan 3 menit . Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk bisa masuk ke dalam mulut .

•  Sebuah penelitian menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat menyingkirkan plak lebih baik dibandingan dengan sikat biasa .

•  Pilih pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi . Produk tersebut dapat membantu mencegah plak mengeras dan menjadi karang gigi .

•  Melakukan flossing untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi .

  Perhatikan makanan yang kamu konsumsi . Bakteri di mulut berkembang karena makanan manis dan juga bertepung . Ketika bakteri bercampur dengan makanan tersebut , bakteri akan melepaskan asam yang berbaya . Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan mulai membatasi jumlah makanan manis yang kamu santap setiap harinya .

  Jangan merokok . Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih memungkinkan mengembangkan karang gigi .

Itulah cara mudah untuk mencegah terbentuknya karang gigi . Selain menerapkan tips tersebut , kunjungilah dokter setiap 6 bulan sekali untuk melakukan perawatan gigi .

Posting Komentar

 
Top