0
Ilustrasi


Batuk merupakan gangguan kesehatan umum yang sering terjadi pada banyak orang . Batuk terjadi sebagai reaksi tubuh untuk membersihkan lendir akibat iritasi di saluran pernapasan .

Saat batuk menyerang biasanya kita sering minum sirup obat batuk untuk mengatasinya . Memang tidak ada efek samping yang membahayakan dari minum obat batuk selain mengantuk . Nah , jika merasa terganggu dengan efek samping ini , bisa  di coba cara lain dengan menggunakan cara alami di bawah ini untuk meredakan batuk .

MINUM TEH JAHE , LEMON , DAN MADU
Minum cairan yang terbuat dari campuran jahe , lemon , dan juga madu adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengobati batuk . Jahe ampun untuk mengurangi iritasi akibat sakit tenggorokan . Sementara madu memberi lapisan pelindung pada selaput lendir .

MINUM CAMPURAN APEL DAN MADU
Pada saat batuk , perlu untuk mengkonsum dengan cara meminum kombinasi apel dan madu setiap hari untuk mengatur kadar pH di dalam tubuh dan juga melindungi selaput lendir .

MINUM SIRUP HERBAL
Cara untuk membuat sirup herbal batuk , adalah dengan memasukkan bubuk kunyit , kayu manis , dan juga cabe rawit ke dalam air mendidih . Lalu saring dan tambahkan madu setiap kali akan meminumnya .

MINUM TEH HERBAL 
Teh herbal seperti teh thyme dan teh licorice mempunyai sifat antispasmodik dan anti bakteri yang membantu mengendurkan trakea dan otot bronkus sehingga bermanfaat untuk mengobati batuk .

BANYAK MINUM AIR PUTIH
Minum air putih merupakan hal yang wajib setiap hari di lakukan terlebih jika sedang batuk . Sebab dengan meminum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta menurunkan sekresi lendir .

HINDARI MINUM SODA 
Saat batuk , pastikan untuk tidak meminum minuman soda dan cairan asam yang bisa merangsang sekresi dan menyebabkan batuk .

MANDI AIR HANGAT 
Mandi dengan air hangat adalah cara yang efektif untuk mengobati batuk karena dapat melembabkan saluran pernapasan .

HINDARI MAKANAN DINGIN
Mengkonsumsi makanan dingin saat batuk bisa mengeringkan saluran pernapasan dan juga menyebabkan infeksi lebih lanjut .

Jadi , sedang mengalami batuk ? Cobalah cara alami di atas untuk mengobatinya :)

Posting Komentar

 
Top