0

Selama bertahun-tahun, dokter telah menyebut perawatan kesehatan wanita sebagai "BIKINI MEDICINE" mereka menduga mereka dapat mendiagnosis dan merawat kedua jenis kelamin dengan cara yang sama dan hal itu merengut banyak nyawa wanita.


Hari terbaik kehidupan Starr Mirza adalah saat dia mengalami serangan jantung. Untuk memahami mengapa pria berusia 23 tahun itu akan sangat gembira dengan kondisi yang mengancam jiwa, orang yang membutuhkan alat untuk ditanamkan secara permanen di dadanya, kita harus memulai dari awal riwayat medisnya.

Sebagai remaja yang tumbuh di Lake Los Angeles, sebuah kota kecil satu jam di luar L.A., Mirza menyukai softball, meskipun dia tidak ada gunanya. Lelucon yang sedang berjalan di antara rekan setimnya adalah bahwa dia tidak dapat berhasil dari base pertama ke base kedua tanpa jatuh. "Saya tidak tahu mengapa mereka menahan saya di tim," katanya. "Saya pikir itu lebih semangat saya daripada keahlian saya." Dia tidak tahu apa yang salah dengan tubuhnya, hanya saja dia sering melihat bintang, mendengar suara berdenging, merasa tersinggung, dan kemudian pingsan. Saat usianya masih muda, dia pergi menemui dokter. "Saya ingat seperti kemarin-saya masuk, dan segera, saya memutar matanya," kenang Mirza. "Mereka bertanya kepada saya apa yang telah saya makan, jika saya memiliki masalah dengan berat badan saya, jika saya memiliki masalah dengan saudara laki-laki saya mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah daripada saya, mereka mencoba untuk mengatakan, 'Begini, dia melakukan ini untuk mendapat perhatian.' "

Dokter memeriksa vitalnya dan mengirimnya pulang. Orang tuanya membawanya untuk mendapatkan opini kedua, dan yang ketiga. "Saat kami sampai ke dokter keempat," Mirza, sekarang 37, mengatakan, "mereka berulang kali mengatakan, 'Ini bukan masalah kami, Anda bisa membawanya ke psikiater dan mereka akan menghadapinya.'"



Dia melihat tiga psikiater, semuanya mengatakan tidak ada yang salah dengan kesehatan mentalnya. Bahkan orang tuanya sudah mulai meragukannya ("Mereka mengira saya adalah ratu drama," kata Mirza), jadi dia melakukan yang terbaik untuk hidup dengan kondisi misterius, menjatuhkan olahraga, menghindari tangga, dan tidur terus-menerus. Meski begitu, dia pingsan dua kali seminggu, rata-rata, dan masuk dan keluar dari ruang gawat darurat sampai enam kali setahun. "Saya berharap hanya ada satu orang yang memegang tangan saya dan berkata, 'Saya percaya Anda-saya tahu Anda sedang sakit, dan kita akan memikirkannya,'" katanya.


Setelah SMA, Mirza "menghindari dokter seperti wabah" sampai hari 2002 ketika dia mengalami serangan jantung. Saat itu, dia berusia 23 tahun dan seorang teller bank di Cape Canaveral, Florida. Dia sedang bekerja saat dia pingsan. Ketika dia terbangun di rumah sakit dua hari kemudian, para dokter mengatakan kepadanya bahwa jantungnya telah berhenti berdetak dan mereka telah menempatkan defibrilator cardioverter (alat pacu jantung dan defibrilator dalam satu) di dadanya. Akhirnya, Mirza didiagnosis dengan sindrom QT yang panjang, kondisi jantung yang langka yang menyebabkan detak jantung yang kacau memicu wabah pingsan dan bahkan kematian mendadak. "Saya mulai tertawa," katanya, "karena, selama 10 tahun, saya tahu ada yang tidak beres, dan akhirnya saya divalidasi."



Seperti yang Mirza temukan, sulit mendapatkan perawatan medis berkualitas sebagai wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa gejala pasien perempuan cenderung tidak ditangani secara serius oleh dokter, dan wanita cenderung salah didiagnosis, gejala mereka tidak dikenali, atau diberi tahu apa yang mereka alami adalah psikosomatik. "Itu terjadi setiap saat," kata Dr. Martha Gulati, kepala kardiologi di University of Arizona College of Medicine, setelah mendengar rincian kasus Mirza. "Jika Anda dalam perawatan kesehatan dan merawat banyak wanita, Anda pasti mendengar cerita-cerita ini dan menggelengkan kepala Anda, karena Anda tahu apa yang akan mereka katakan, karena Anda terlalu sering melihatnya, sayangnya. Kami tidak melakukan pekerjaan yang sama seperti wanita yang kami lakukan. " Pada dekade ini Mirza menghabiskan waktu menunggu diagnosis yang tepat, jantungnya mengalami kerusakan yang tidak akan pernah bisa diatasi. Dia telah menjalani selusin operasi jantung, gagal jantung pada tahun 2013, dan hampir pasti membutuhkan transplantasi suatu hari nanti. "Ada bias bawaan yang membuat kita meremehkan gejala wanita," tambah Gulati. "Apa yang dialami [Mirza] adalah contoh bagus dari masalah ini dengan kita karena tidak mengenali wanita yang berisiko - pada saat kita melakukan diagnosis, mereka hidup dengan konsekuensi kurangnya perawatan."


Insiden obat paling terkenal yang tidak beres pada pasien wanita adalah banyak kisah tragis wanita yang meninggal setelah dikirim pulang dari ruang gawat darurat saat mereka mengalami serangan jantung. Faktanya, sebuah penelitian tahun 2000 yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa wanita tujuh kali lebih mungkin dibandingkan pria yang salah didiagnosis dan dipecat di tengah serangan jantung. Paling sering, itu karena dokter gagal mengenali gejala wanita, yang bisa berbeda secara luas dari pria. Hanya satu dari delapan pasien serangan jantung wanita yang melaporkan merasakan nyeri dada, tanda peringatan klasik pada pria; Sebagai gantinya, 71 persen wanita memiliki gejala mirip flu. Pasien serangan jantung yang tidak pernah mengalami nyeri dada hampir dua kali lebih mungkin meninggal, dan secara umum, wanita berusia di bawah 50 dua kali lebih mungkin meninggal karena serangan jantung karena pria seumuran. Itu bisa terjadi karena bahkan ketika wanita - terutama wanita muda dan sehat - mengalami gejala yang sama dengan pria, dokter masih cenderung menolaknya.

Begitulah kasus Residen Los Angeles Lori Kupetz, yang mulai mengalami nyeri dada "menyilaukan" pada tahun 2005, saat berusia 38 tahun. Ahli jantung yang dia lihat bersikeras bahwa rasa sakitnya tidak disebabkan oleh kondisi jantung; Pada tahun berikutnya, dia dirujuk ke banyak spesialis (ahli gastroenterologi, ahli saraf) dan akhirnya diberi tahu bahwa yang dia butuhkan hanyalah antidepresan. Alih-alih menerima nasehat tersebut, dia berjalan ke Pusat Hati Wanita Cedars-Sinai di LA (sekarang dikenal sebagai Barbra Streisand Women's Heart Center), di mana dokter melakukan tes yang lebih khusus dan menemukan tiga arteri tersumbat di hatinya - aorta utamanya 99 persen diblokir-dan membawanya ke operasi bypass darurat tiga kali lipat. "Saya adalah bom berjalan," kata Kupetz. "Seandainya saya mendengarkan dokter yang menyuruh saya antidepresan, saya tidak akan berada di sini hari ini."



Ada juga banyak penyakit dan kondisi yang sangat mengkhawatirkan di kalangan wanita, dan ilmu kedokteran belum menemukan alasannya. Wanita sampai empat kali lebih mungkin mengalami migrain dan kelelahan kronis, tiga kali lebih mungkin didiagnosis dengan gangguan autoimun, dan dua kali lebih mungkin mengalami Alzheimer, rheumatoid arthritis, dan depresi. Temuan lain yang membingungkan: Wanita yang tidak merokok tiga kali lebih mungkin terkena kanker paru daripada orang yang tidak merokok, menurut laporan komprehensif tahun 2014 oleh Brigham and Women's Hospital di Boston, yang disebut "Kesehatan Wanita Tidak Bisa Menunggu". Selanjutnya, sebuah penelitian pada bulan Februari 2017 oleh Cancer Research U.. memprediksi bahwa dalam 20 tahun ke depan, tingkat kanker akan meningkat hampir enam kali lebih cepat pada wanita daripada pria.

Wanita warna berada pada posisi yang lebih buruk lagi. Wanita kulit hitam dua kali lebih mungkin mengalami stroke dan lebih kecil kemungkinannya untuk bertahan dibandingkan wanita kulit putih. Mereka juga lebih mungkin untuk menerima pengobatan yang salah untuk kanker payudara, untuk didiagnosis pada stadium lanjut, memiliki tumor lebih besar, dan meninggal. Penyakit kardiovaskular lebih sering terjadi dan mematikan pada wanita kulit hitam dan Hispanik. Wanita Hispanik juga lebih mungkin dibandingkan wanita kulit putih untuk mengembangkan diabetes.


Semua wanita terutama berisiko dalam hal pengobatan. Laporan Kantor Akuntabilitas Pemerintah 2001 menemukan bahwa delapan dari 10 obat resep yang dikeluarkan dari pasar antara tahun 1997 dan 2000 menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar bagi perempuan. Secara keseluruhan, pasien wanita memiliki kemungkinan 1,5 sampai 1,7 kali lebih tinggi untuk memiliki reaksi obat yang merugikan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita memetabolisme obat secara berbeda dari pria dan dengan demikian mungkin memerlukan dosis yang berbeda, namun dosis jarang dipecah berdasarkan jenis kelamin. Gagal melakukannya bisa menimbulkan bencana. Pada tahun 2013, Food and Drug Administration (FDA) memotong dosis Ambien dan alat bantu tidur lainnya yang mengandung zolpidem untuk wanita setengahnya setelah banyak contoh wanita yang berjalan dalam tidur, makan tidur, dan bahkan tidur-beberapa kecelakaan mobil dilaporkan- Saat menggunakan obat

Posting Komentar

 
Top