0
Ilustrasi

Pepaya atau yang mempunyai nama ilmiah Carica Papaya merupakan buah tropis Indonesia . Dalam setiap 100 gram pepaya mengandung 43 kalori , Vitamin C , serta asam folat .

Pepaya bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi bahan dari es buah . Meski buat ini tinggi akan zat antioksidan dan nutrisi penting lainnya , ada beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang membuatmu harus menghindari konsumsi buah ini .

Apa saja gangguan kesehatan yang membuatmu tidak boleh memakan pepaya ? Berikut adalah daftar dan penjelasannya :

KEHAMILAN
Mengkonsumsi pepaya , terutama pepaya yang belum terlalu matang sangat diharamkan bagi para wanita hamil . Sebabnya mengkonsumi pepaya jenis ini saat hamil akan menyebabkan keguguran .

"Pepaya mentah mengandung lateks yang diketahui bisa memicu kontraksi uterus yang ada pada gilirannya akan menyebabkan keguguran," terang salah satu peneliti .

MASALAH PERNAPASAN
PEpaya mengandung enzim yang disebut dengan papain . Papain merupakan alergen kuat sehingga dapat memperburuk masalah pernapasan yang sedang kamu alami . Oleh karena itu jika kamu sedang menderita demam , asma , atau sesak napas , sebaiknya hindari untuk mengonsumsi buah ini .

BATU GINJAL
Pepaya sangat tinggi akan vitamin C , zat alami yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh , namun jika kamu terlalu banyak mengonsumsi vitamin C , maka akan semakin memperparah pembentukan batu ginjal yang ada di dalam tubuh .

MASALAH PENCERNAAN
Saat kamu sedang mempunyai masalah yang berhubungan dengan pencernaan , maka hindarilah memakan pepaya . Sebabnya kandungan papain yang ada di dalam pepaya akan memperburuk kondisi sakit perutmu makin parah .

GULA DARAH RENDAH
Jika gula darah dalam tubuhmu rendah , kurangi makan pepaya . Karenanya makan pepaya terutama jika dalam jumlah banyak akan membuat gula darah makin menurun .

Buah pepaya memang lezat dan sangat bergizi . Akan tetapi jika kamu sedang menderita masalah kesehatan di atas , maka hindari untuk mengonsumsinya .

Posting Komentar

 
Top