0
Ilustrasi

Pernahkah kamu merasa bahwa tangan dan kaki tiba-tiba kaku dan mati rasa padahal kamu sedang tidak melakukan aktivitas yang membahayakan ? Jika ya , apakah serangan mati rasa ini datang secara rutin ? Pada saat tangan dan kaki sering mati rasa , maka kamu wajib waspada terhadap kondisi kesehatanmu .


Ternyata ada penyakit tertentu yang membuat tangan dan kaki mati tiba-tiba mati rasa , Apakah itu ? Berikut penjelasannya :

DIABETES 
Diabetes menjadi penyebab umum dari neuropati perifer . Gejalanya adalah mati rasa yang dimulai dari kedua kaki dan kemudian naik ke bagian atas tubuh .

PENYAKIT SISTEMIK
Penyakit sistemik adalah penyakit yang mempengaruhi tidak hanya satu organ tunggal tubuh , tetapi juga secara keseluruhan . Beberapa di antaranya adalah kelainan ginjal , penyakit vaskular , ketidakseimbangan hormon , dan tumor yang memiliki daya pada saraf . Seringkali penyakit ini membuat penderitanya mati rasa .

MULTIPLE SCLEROSIS
Multiple sclerosis seringkali membuat penderitanya mati rasa , meski hanya terasa ringan di awalnya . Sebab multiple sclerosis akan mengganggu selubung myelin di mana sistem saraf pusat akan rusak sehingga mempengaruhi keseimbangan tubuh , menyebabkan pusing , kehilangan keseimbangan , dan tubuh mudah lelah .

PERIPHERAL ARTERY DISEASE
Peripheral Artery Disease adalah penyakit dimana plak terakumulasi di arteri yang membawa darah ke kepala dan organ tubuh lainnya . Plak yang terdiri dari lemak , kalsium , jaringan fibrosa , dan kolesterol ini jika tidak diobati akan mengeras dan kemudian mempersempit arteri dan menghalangi aliran darah atau suplai oksigen ke seluruh tubuh . Dengan demikian bisa mengakibatkan mati rasa di kaki atau bagian tubuh lain .

TARSAL TUNNEL SYNDROME
Tarsal Tunnel Syndrome atau yang juga disebut dengan neuralgia tibialis posterior ini membuat tumit perlahan mati rasa dan menyebar ke seluruh bagian tubuh jika tidak diobati . Dan bahkan akan mengakibatkan kerusakan saraf secara permanen .

Meski terlihat sepele , ternyata mati rasa di tangan atau kaki bisa menjadi awal dari penyakit berbahaya . Oleh karena itu waspadalah dengan serangan mati rasa ini :)

Posting Komentar

 
Top