0
Ilustrasi

Kamu pasti memiliki kebiasaan buruk di dalam hidupmu . Biasanya kebiasaan buruk ini mampu menganggu kesehatan jika kamu lakukan secara terus-menerus . Salah satunya adalah kebiasaan menggigiti kuku .

Bagi sebagian orang , gerakan menggigiti kuku secara refleks muncul ketika sedang gugup atau stres . Akibatnya kuku jadi memiliki bentuk yang tidak indah . Selain itu , kebiasaan menggigiti kuku juga mampu menimbulkan penyakit berbahaya seperti penjelasan berikut ini .

PERADANGAN DI JARI
Komposisi kimia di air liur akan masuk ke dalam kulit dan merusak ujung jari ketika kamu menggigiti kuku . Akibatnya akan timbul peradangan disertai kulit jari yang lecet .

KELAINAN BENTUK KUKU
Kuku memiliki lapisan degenaratif yang disebut dengan matrik . Kebiasaan menggigiti kuku akan merusak matriks kuku yang pada gilirannya dapat menyebabkan kelainan bentuk kuku atau kuku yang tumbuh ke dalam .

INFEKSI KUKU
Menggigiti kuku akan membuat kuku jadi terekspos bakteri atau patogen yang ada di dalam mulut . Hal ini akan menyebabkan infeksi dan paronychia atau infeksi yang disertai dengan pembengkakan , nyeri , kemerahan , dan juga benjolan berisi nanah .

SAKIT PERUT
Jari dan kuku bersentuhan dengan segala macam jenis benda . Sehingga saat kamu memasukkan kuku atau jari , otomatis kuman dan juga bakteri akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan menimbulkan penyakit seperti sakit perut .

GINGIVITIS
Kebiasaan menggigiti kuku yang parah akan menghancurkan soket yang menjadi tempat bertumbuhnya akar gigi . Menurut sebuah penelitian , menggigiti kuku secara kronis akan menyebabkan gigi bengkok dan penyakit radang gusi .

Jadi , kebiasaan yang terlihat sepel ini ternyata sangat membahayakan untuk kesehatan . Jadi , jika kamu memiliki kebiasaan untuk menggigiti kuku , segeralah hentikan :)

Posting Komentar

 
Top