0
Ilustrasi

Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan efek buruk dari merokok terhadap keseluruhan kesehatan tubuh . Merokok mampu meningkatkan resiko serangan jantung , stroke , dan juga menjadi penyebab utama dari kanker paru-paru . Merokok selama kehamilan juga dapat menyebabkan bayi lahir secara prematur atau cacat lahir .

Lalu , bagaimana rokok mempengaruhi kesehatan mulut ? Penelitian menunjukkan bahwa perokok mempunyai risiko penyakit periodontal yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang non-perokok . berikut adalah beberapa bahayanya :

GIGI KOTOR 
Kandungan nikotin di dalam rokok mampu menyebabkan munculnya noda gigi dan juga perubahan warna gigi secara keseluruhan .

BAU MULUT
Merokok merupakan salah satu penyebab utama dari bau mulut . Rokok tidak hanya menyebabkan mulut kering , tapi kandungan tar dan juga nikotin yang mengendap di rongga mulut juga membuat napas jadi berbau .

KERUSAKAN GIGI
Menumpuknya jumlah plak gigi di mulut akhirnya membuatg akar gigi rusak .

PENYAKIT GUSI
Merokok dan tembakau akan mengganggu fungsi normal sel jaringan gusi dan juga membuat perokok lebih rentan terkena periodontitis yang merupakan penyakit gusi . Penyakit ini juga membuat bakteri masuk ke dalam jaringan dan kemudian merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi .

GIGI RONTOK
Penyakit periodontal yang parah pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi dan membuat gigimu rontok .

KANKER MULUT
Tembakau dalam bentuk apapun termasuk rokok , cerutu , atau mengunyah tembakau akan meningkatkan risiko terkena kanker mulut hingga 90% .

Jadi , kamu tidak ingin mengalami penyakit di atas bukan ? Berhentilah merokok sekarang juga dan mulai hidup sehat :)

Posting Komentar

 
Top