0



Rubyqq.com, Jawa Tengah - 
Bulan Ramadan selalu identik dengan berbagai macam penganan yang khas. Termasuk di dalamnya berbagai macam minuman dengan citarasa manis yang ramai diburu masyarakat, khususnya mereka yang menjalankan ibadah puasa.
Atas dasar itulah, berbagai bahan pelengkap minuman seperti kolang-kaling, tape singkong, dan cincau hitam dan cendol semakin laris manis di pasaran. Menurut salah seorang pedagang di Pasar Legi Parakan, Temanggung Lastri (50), dibanding bulan-bulan sebelum Ramadan, omzet dagangannya naik dua kali lipat atau 200 persen.
“Kalau selama Ramadan seperti ini, saya bisa memegang uang sampai Rp 1 juta dari hasil penjualan berbagai bahan campuran minuman takjil ini buka puasa,” katanya, Rabu (31/5).
Dikatakan, bahan-bahan yang ramai diburu pembeli ini biasanya akan digunakan sebagai bahan tambahan membuat beraneka minuman. Antara lain kolak, es dawet, es campur, es buah es cendol, dan lain sebagainya.
Salah satu yang paling laris adalah kolang-kaling. Dalam sehari ia mampu menjual hingga setengah kuintal atau 50 kilogram dengan harga bervarisi tergantung ukuran kemasan dan kualitas masing-masing sesuai permintaan pembeli.
“Bahan kolang-kaling ini saya beli dari sekitar Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, hingga Kabupaten Purworejo sampai Jawa barat,” imbuhnya.
Sementara itu, setali tiga uang, Markamah, salah seorang pedagang cendol di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung menambahkan, omzet dagangannya di bulan Ramadan juga mengalami kenaikan hingga 100 persen dibanding hari biasa.
Dalam sehari, ia mampu menjual hingga 50 kilogram cendol, baik yang terbuat dari bahan dasar beras maupun tepung tapioka serta 25 kilogram cincau hitam yang didatangkan langsung dari Magelang.
“Ada pembeli yang membeli dalam jumlah sedikit ada juga yang partai besar. Saya layani semua,” pungkas pedagang cendol tersebut

Posting Komentar

 
Top