0

Morano lahir pada 29 November 1899 di Civiasco, wilayah Piedmont di Italia utara

Morano merasakan hidup selama dua perang dunia (perang dunia pertama dan kedua), Dia juga telah menyaksikan lebih dari 90 pemerintahan Italia.

Orang tertua di dunia bernama Emma Morano, menghembuskan nafas terakhirnya pada umur 117 tahun, pada Sabtu, 15 Aprtil 2017.

Menurut dokter yang menanggani Morano selama kira-kira 27 tahun, Carlo Bava mengatakan, pasiennya itu meninggal dalam posisi duduk di kursi rumahnya, di Verbania, tepi Danau Maggiore, Italia. Bava berapa kali terakhir mengunjungi Moran, Jumat, 14 April 2017.

Bava mengaku saat itu dirinya sempat berbincang dan menggenggam tangan Morano. "Dia berterimakasih pada saya dan memegang tangan saya," ungkap Bava.

Morano lahir pada 29 November 1899 di Civiasco, wilayah Piedmont, Italia utara. Yang adalah Tahun adalah tahun yang sama saat Guglielmo Marconi pertama kali menransmisikan sinyal radio melintasi Selat dan empat tahun sebelum Wright bersaudara "Melayang" di angkasa.

Morano juga merasakan hidup selama dua perang dunia (perang dunia pertama dan kedua), serta menyaksikan lebih dari 90 pemerintahan Italia. Dia menyaksikan dan merasakan referendum mendasar Italia menjadi Republik Italia pada 2 Februari 1946, menandai akhir kekuasaan Raja Victor Emmanuel III.

Pada hari ulang tahun terakhirnya, Morano juga menceritakan pengalaman hidupnya, mulai dari Perang Dunia I dan II, pekerjaannya di pabrik pembuatan karung goni dan keputusannya menceraikan suaminya yang kasar. Keputusan Morano bercerai dari suaminya, pada 1938 tak lama setelah kematian anaknya yang saat itu masih berusia tujuh bulan.

Morano juga pernah didiagnosa mengidap anemia dan pola makan (dua telur mentah dan sedikit daging cincang mentah) bisa memperbaiki kesehatannya pada usia 20 tahun. Bava mengatakan Morano jarang mengonsumsi buah dan sayuran.

“Ketika saya pertama kali bertemu dia, dia makan tiga telur sehari, dua telur mentah di pagi hari dan satu butir telur dadar di siang hari. Kemudian ayam untuk makan malam," kata dia.

Morano juga bekerja sebagai juru masak di sebuah asrama lalu pada usia 75 Morano pensiun. Morano secara resmi diakui sebagai orang tertua di dunia setelah Susannah Mushatt Jones meninggal di New York pada Mei tahun lalu.

Selain Morano, anggota keluarga dari Morano yang lain juga tercatat berumur panjang. Ibunya, seorang bibi dan beberapa saudara Morano mencapai usia 90 tahun, salah satunya Angela Morano yang meninggal pada usia 102 tahun. Morano menjadi orang tertua di Italia dan Eropa setelah kematian Maria Redaelli pada awal 2013.

Posting Komentar

 
Top