0



Sampai saat ini ada 3 tokoh Indonesia yang pajang di museum Madame Tussauds: Yaitu sang proklamator Ir. Soekarno, pembulu tangkis legendaris Rudy Hartono, dan Diva Anggun C Sasmi. Tahun depan, daftar itu akan bertambah dengan hadirnya patung lilin Presiden Joko Widodo di Madame Tussauds Hongkong. Namun apa daya tarik yang membuat pihak Madame Tussaud tertarik untuk memiliki Figuran dari Presiden RI Jokowi?

Presiden Joko Widodo akan semakin mudah untuk ditemui oleh para warga Hong Kong, terutama untuk ajang berselfie ^^ Bukan dalam wujud "Asli" tentunya ^^ melainkan dalam bentuk patung lilin. Pada Senin, 10 oktober 2016, Istana telah mengonfirmasi penawaran Museum Madame Tussauds Hong Kong untuk membuat patung lilin orang nomor satu di Indonesia itu sebagai salah satu koleksi dari World Famous Wax Museum Madame Tussaud.

Penawaran tersebut muncul berdasarkan polling yang dilakukan oleh pihak musem. Mereka melibatkan para pengunjung untuk memilih siapa tokoh yang akan diabadikan. Sebagaimana dilaporkan Antara, Joko Widodo terpilih atas suara terbanyak. Pengunjung juga memilih sejumlah tokoh lain seperti dua politisi yang kini sedang bertarung untuk memperebutkan kursi presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Hillary Clinton. 

Pihak Istana melihat kesempatan itu sebagai salah satu upaya untuk makin memperkenalkan Indonesia ke dunia mancanegara. Harapannya para turis yang datang ke museum Madame Tussauds Hong Kong tak hanya mengenal Indonesia dari sisi keindahan alam atau tempat pariwisatanya saja, namun juga bisa mengenal politisi Indonesia yang cukup berpengaruh di dunia. Apalagi patung Jokowi nanti akan dipajang dan bersanding dengan patung lilin tokoh-tokoh dunia lainnya.

Agar fungsinya sebagai instrumen makin maksimal, rencananya pihak museum akan mengganti busana patung lilin Jokowi setiap beberapa waktu. Busana yang dikenakan patung Jokowi selalu bercorak Indonesia. Misal di hari Batik, patung Jokowi akan dikenakan busana batik khas Indonesia. 

Museum Madame Tussauds terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai tempat “memamerkan” tokoh-tokoh dunia dari beragam kalangan yang telah diawetkan dalam bentuk patung lilin dalam bentuk yang sangat mirip dengan aslinya. Dulunya, museum ini berpusat di London, Inggris. Namun, popularitasnya yang tinggi membuat museum unik ini berekspansi ke kurang lebih 23 lokasi di beberapa kota besar di dunia. 

Presiden Jokowi bukanlah tokoh asal Indonesia pertama yang dititipkan dalam bentuk patung lilin. Ia adalah tokoh keempat setelah Presiden Soekarno, pebulutangkis legendaris Rudy Hartono, dan penyanyi Anggun C Sasmi. Patung lilin Presiden Soekarno dipamerkan di tiga museum yakni di Madame Tussauds Singapura, Bangkok, dan Hongkong. Patung Rudy Hartono ditempatkan di Madame Tussauds Singapura, sedangkan patung Anggun C Sasmi di Madame Tussauds Hongkong.

Anggun C Sasmi mendapat kehormatan itu atas prestasinya mengangkat nama Indonesia di kancah internasional. Ia menjalani serangkaian proses pembuatan patung lilin sejak akhir Juni 2016 kemarin. Noppadon Prapimpunt selaku Head of Bangkok Cluster for Merlin Entertainments (Thailand) dalam siaran persnya berkata, "Pembuatan patung lilin Anggun telah banyak diminta baik oleh penggemarnya maupun tamu-tamu kami.”

Anggun bertemu dengan seniman-seniman Madame Tussauds di London. Sebanyak 350 foto dan pengukuran telah diambil untuk mendapatkan patung lilin mirip Anggun. Pose patung lilinnya menggambarkan Anggun saat berada di kursi juri Asia's Got Talent. Ia merasa tersanjung dan sangat bahagia untuk bergabung dengan jejeran tokoh ternama dunia yang patung lilinnya dipajang di museum yang terletak di lantai enam Siam Discovery itu. 

Perancang busana Jean-Paul Gaultier merancang gaun hitam nan indah serta glamor dan perhiasan elegan untuk patung lilin Anggun. Anggun juga meninggalkan pesan lucu kepada para penggemar nakalnya, "Patung lilin saya akan selalu menyambut penggemar saya di Madame Tussauds Bangkok. Tapi, tolong jangan sentuh di mana Anda tidak boleh sentuh. Behave!" begitulah pesan yang di tinggalkan ^^

Apakah strategi mendatangkan patung Anggun mendatangkan keuntungan bagi Madame Tussauds sejak patungnya dipamerkan pada awal September 2016? Communication & Promotion Manager Madame Tussauds berkata bahwa kehadiran patung lilin Anggun telah menarik kedatangan pengunjung dari berbagai tempat.

“Banyak orang di Asia dan juga di Eropa, terutama orang – orang Prancis dan Italia telah menghubungi kami selama beberapa hari terakhir untuk mengunjungi Madame Tussauds di Bangkok untuk menemui patung lilin Anggun. Hal ini sangat mengesankan,”





Sampai saat ini, ada lebih dari 2000 patung lilin yang tersebar di seluruh Museum Madame Tussauds. Rata-rata Museum Madame Tussauds membuat 230 patung lilin baru tiap tahun. Ada sekitar 15 orang seniman yang dibutuhkan untuk membuat sebuah patung dengan waktu pembuatan antara 3-4 bulan. Biaya pembuatannya sekitar $300.000 dan patung lilin dibuat di London, tetapi pemeliharaan dilakukan oleh masing-masing museum. 

Madame Tussauds menjadi terkenal di seluruh dunia karena kemampuannya dalam menyalurkan hasrat orang-orang yang tak mampu bertemu dengan figur asli yang dipamerkan di dunia nyata. Museum itu menjadi alternatif terbaik karena menyajikan replika yang dibuat sangat amat mirip dengan aslinya. 

Dalam laporan pandangan mata jurnalis The Guardian, pengunjung Madame Tussauds London mengekspresikan diri dengan beragam cara saat bertemu dengan patung-patung lilin itu. Pipi patung aktor tampan Johny Depp menjadi sasaran kecupan pengunjung perempuan. Remaja laki-laki iseng mengintip apa yang ada di balik kibasan rok legendaris Marilyn Monroe. Sedangkan yang lain berdesak-desakan untuk berfoto dengan patung Russel Brand.

Tangan dingin dibalik popularitas dan kesuksesan Madame Tussauds adalah perusahaan Merlin Enterntainments. Merlin Entertainments membeli The Tussauds Grup di tahun 2007 dengan nilai 1 miliar poundsterling. Investasinya kemudian digenjot perlahan hingga 10 tahun kemudian Madame Tussauds menjadi salah satu arena hiburan terpopuler sedunia. Pengunjung Madame Tassauds tahun 2010 lalu dilaporkan naik 10 persen dengan kenaikan pendapatan mencapai 16 persen atau sebesar 239 juta poundsterling.

Dari segi besaran modal dalam bisnis menyenangkan orang-orang dari segala kalangan, Merlin Entertainments hanya kalah satu peringkat dari Disneyland. Khusus di Inggris, Merlin juga mengandalkan alternatif menyenangkan lain yang meliputi Alton Towers dan London Eye. Surga bagi penggemar lego, Legoland, juga telah menjamah banyak negara. 

Sejumlah kasus pemboman dan terorisme di awal tahun 2016 yang melanda Eropa sempat membuat kekhawatiran atas berkurangnya pengunjung Madame Tussauds London, tetapi ternyata hal itu tak berpengaruh besar. Pada periode 17 September 2016, pendapatan Merlin naik 11 persen dibanding tahun lalu. Salah satu pemasukannya berasal dari kunjungan ke 23 museum Madame Tussauds yang tersebar di berbagai kota-kota besar di dunia.

Sebagaimana dikutip Antara, hadirnya patung Anggun C Sasmi dan ketiga tokoh Indonesia di Madame Tussauds Bangkok, Hongkong, maupun Singapura diharapkan bisa untuk menarik pengunjung dari Indonesia, terutama yang bermukim tak jauh dari di kota-kota tersebut. 

Mereka diharapkan bisa antusias berfoto ria bersama sang proklamator, sang legenda bulu tangkis, sang penyanyi idola yang moncer namanya di panggung internasional, atau tahun depan bersama sang presiden yang dua tahun lalu masuk daftar 50 pemimpin terhebat dunia versi majalah Fortune. 

Ingat, berfoto dengan sopan. Seperti kata Anggun, “Tolong jangan sentuh di mana Anda tidak boleh sentuh. Behave!" 

Posting Komentar

 
Top