0
Ilustrasi

Semua orang pasti pernah mengalami insomnia . Ada banyak saran yang telah diberikan untuk mengatasinya . Mulai dari mencium bau aromaterapi , minum susu , dan yang lainnya . Tetapi bagaimana jika semua saran tersebut tidak berhasil dan tetap tidak bisa tidur semalaman ?

Jangan khawatir , dua ahli kesehatan berkaitan dengan tidur dan insomnia memberikan beberapa tips ketika kamu mengalami insomnia dan tidak bisa untuk memejamkan seperti cara yang berikut ini : 

BERANJAK DARI KASUR
Kamu pasti merasa aneh dengan saran ini . Bukankah kamu ingin tidur , tetapi kenapa malah disuruh beranjak dari kasur ? Tetapi saran ini sebenarnya adalah saran yang cerdas . Jika setelah bolak-balik di kasur kamu tetap tidak bisa tidur , coba beranjaklah dari tempat tidur dan pergi ke ruangan lain . Cobalah untuk melakukan aktivitas lain yang menyenangkan seperti membaca buku , mendengarkan musik yang slow, dan lainnya dalam ruangan dengan cahaya remang-remang . Setelah rasa mengnatuk itu datang , cobalah untuk kembali ke kasur .

JANGAN TERLALU BANYAK BERPIKIR
Insomnia akan menjadi semakin parah jika kamu terlalu banyak pikiran atau malah khawatir tidak bisa untuk tidur . Jangan memikirkan apa yang akan terjadi di esok hari jika kamu tidak bisa tidur . Pikirkanlah hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan secara berulang-ulang . Hal seperti itu lebih membantu untuk cepat tidur dibandingkan memikirkan dibandingkan memikirkan masalah atau merasa khawatir .

JANGAN MELIHAT JAM 
Melihat waktu bisa menjadi hal yang membuat kamu menjadi semakin cemas . Melihat jam bergerak dan mengawasi setiap detik yang berdetak hanya akan membuatmu menjadi lebih stres dan sulit untuk tidur . Solusinya ? Jangan melihat jam , Ini akan membuat kamu lebih tenang dan tidak panik , serta membantu kamu lebih cepat untuk tertidur .

TULISKAN PIKIRAN
Tidak bisa tidur bisa jadi disebabkan oleh hal-hal yang belum kamu keluarkan dari pikiran . Misalkan rencana-rencana untuk besok , persiapan yang harus dilakukan , atau ide yang baru muncul . Jika ini penyebab insomnia yang dialami , tuliskan isi pikiranmu segera . Menulis apa yang dipikirkan akan membuatmu mudah melepaskan kecemasan dan hal-hal yang berkaitan dengan pikiran tersebut . Kamu bisa merasa lebih tenang dan tidur dengan lebih nyenyak .

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika sedang mengalami insomnia dan tidak bisa tidur . Tidak ada salahnya kamu mencoba jika insomnia tersebut terasa semakin menyiksa .

Posting Komentar

 
Top