0


Anak muda selalu dikritik karena dinilai tidak mengerti dunia finansial dan tidak bisa mengatur keuangan dan Kerap kehabisan uang sebelum tanggal gajian bulan baru.

Namun, diaat gaji datang, kebutuhan dan keinginan seakan dimanjakan. Namun, jika dituruti terus-menerus, tak berapa lama baru tersadar bahwa tabungan menipis. Bahkan, Anda pun terpaksa harus mengencangkan ikat pinggang, misalnya, hanya dengan makan mi instan di akhir bulan.

Karena hal ini, anak muda kerap dicap dan dikritik karena tidak mengerti dunia finansial dan tidak bisa mengatur keuangan hingga akhir bulan, demikian kata kepala marketing Ikano Bank Craig Fiddes.

Untuk mengatasi problem keuangan itu, berikut dipaparkan kiat-kiat bagi anak muda yang bokek agar bisa bertahan dengan gaji yang tidak seberapa, seperti dilansir Independent.


Jika Punya Hutang, Langsung Bayar!

Hindari kebiasaan berutang, bahkan dalam jumlah besar. Saat mendapatkan uang, bayar dulu utang yang besar seperti tagihan kartu kredit. Jangan tergoda dengan penawaran menarik yang membuat Anda jatuh terjebak dalam hutang yang lebih dalam.


Sisihkan Minimal 15% Dari Gaji Untuk Menabung

Setelah membayar hutang yang besar, Anda harus berkonsentrasi menabung untuk biaya tak terduga, misalnya memperbaiki motor rusak, atau untuk berobat saat tiba-tiba sakit.

"Ingatlah, dana tak terduga akan membuat Anda tenang tak peduli seberapa sedikit jumlahnya," kata CEO evestor.co.uk Anthony Morrow.

Setelah dana darurat siap, investasikan tabungan Anda untuk mendapat hasil jangka panjang yang lebih baik.


Minta Saran Keuangan Dari Orangtua

Meski orangtua-mu bukan dari kalangan kaya raya, galilah informasi dari mereka mengenai pengalaman finansial. Pengalaman adalah guru terbaik, jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang pernah mereka lakukan.


Mulai Menabung untuk Pensiun

Mulai menabung dana pensiun adalah salah satu cara terbaik bagi anak muda untuk membangun keuangan stabil di masa depan. Jika gaji Anda otomatis dipotong untuk pensiun, coba perhitungkan apakah Anda bisa membayar lebih tiap bulan agar hasilnya lebih besar kelak.


Atur Pengeluaran, Dimulai dari Hal Kecil.

Mulailah mengatur uang dari bulan ini. Apakah pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan? Coba unduh aplikasi gratis yang bisa mempermudah Anda menghitung bujet secara sederhana.


Jangan Mudah di Perdaya

Hanya karena seorang teman menyebut diri mereka entrepreneur, tak berarti idenya wajib Anda sokong dengan dana. Jangan investasikan uang pada hal yang tak Anda mengerti, demikian yang diwartakan Antara.



Posting Komentar

 
Top