0
Ilustrasi

Kebanyakan pasangan calon pengantin merencanakan pernikahan dengan berusaha untuk menyesuaikannya dengan anggaran y ang dimiliki , maka tidak jarang jiak trik penghematan dilakukan di sana-sini untuk memangkas biaya yang harus dikeluarkan . Jika anda pun demikian , maka hindarilah keselahan berikut yang kerap dibuat pada saat berusaha memangkas biaya pernikahan .

TERLALU BANYAK PROYEK DIY
Anda mungkin tergoda untuk melakukan berbagai proyek DIY seperti membuat dekorasi dan mencetak undangan sendiri hingga proyek prayakarya lainnya . Tetapi jika anda tidak berbakat atau tidak terbiasa melakukannya anda justru malah dapat mengeluarkan uang lebih banyak , belum lagi waktu dan tenaga .

TIDAK MENYEWA FOTOGRAFER PROFESIONAL
Anda Telah berinvestasi pada venue pernikahan idaman , gaun pengantin karya desainer dan hal cantik lainnya , sayang jika anda tidak mengabadikan momen indah yang menampilkan hal tersebut dalam sebuah album foto pernikahan yang dapat menjadi kenangan indah seumur hidup .

TIDAK MENGIRIM UNDANGAN FISIK
Tren undangan online atau digital memang sangat membantu dalam menghemat biaya cetak undangan , tetapi jagnan sampai anda terkesan pelit atau kurang sopan . Tamu anda sudah meluangkan waktu , biaya , dan juga tenaga untuk menghadiri perhelatan istimewa anda , hargai mereka dengan mengirimkan undangan fisik , terlebih untuk saudara atau kerabat yang dituakan yang mungkin kurang begitu paham dengan teknologi undangan digital .

MENGORBANKAN KENYAMANAN TAMU
Jangan sampai anda mengorbankan kenyamanan tamu dengan tidak menyediakan tempat duduk yang cukup atau juga toilet portabel untuk melengkapi venue outdoor hanya karena nada ingin berhemat . Begitu pula dengan menu makanan dan minuman , meski memakan biaya banyak anda harus menyediakannya dalam porsi dan juga jumlah yang cukup .

MEMINTA BANTUAN KELUARGA ATAU TEMAN
Meminta tolong sahabat anda untuk membuat kue pengantin atau menjahit gaun bridesmaid anda memang terlihat seperti trik jitu untuk berhemat . Tetapi ingat , jika teman dan kerabat anda bukanlah vendor profesional  , maka anda tidak bisa mengharapkan hasil yang sebagus karya vendor profesional . Jangan pula hal ini menyebabkan argumen di antara keluarga .

Posting Komentar

 
Top