0

Jika pernah melihat ilustrasi orang yang melahirkan, baik itu video maupun gambar/photo, yang menampilkan seorang wanita sedang kesakitan dan berteriak histeris. jangan dulu ciut nyali! Bagi yang baru pertama kali hamil dan sedang menanti kelahiran buah hati, jangan khawatir ^^
Dengan gentle birth, persalinan tidak seseram yang dibayangkan kok!

Metode persalinan gentle birth ini mengutamakan ketenangan, dengan mempersiapkan kondisi emosional sang ibu, bahkan sejak dalam masa kehamilan. Ada beberapa teknik untuk metode gentle birth ini. Masing-masing cara tentu saja mengandalkan kerja sama antara ibu dan anak yang nantinya akan berjalan secara natural. Apa saja itu?




Dengan bantuan air hangat, rasa sakit yang dirasakan saat melahirkan pun bisa diminimalisir. Dalam metode water birth, sang ibu akan masuk ke dalam kolam yang sudah diisi air hangat, setelah mencapai bukaan keenam. Sambil menunggu proses selanjutnya, dia bisa berganti posisi, berusaha mencari yang paling nyaman, dibantu oleh sang bayi.

Air hangat juga membantu ibu merasa rileks, karena otot-otot yang akan dipakai untuk mengejan, jadi lebih elastis. Hal ini tentu saja mengurangi rasa sakit, sehingga ibu bisa lebih tenang dan fokus, sampai si bayi keluar. Tak jarang, mereka yang pakai teknik ini, bayinya ditangkap langsung oleh sang ayah dengan tangannya. So sweet kan ^^



Jika teriakan saat persalinan itu justru membuat sang ibu makin kehilangan energi. Jika energi terkuras, maka proses mengejan pun jadi butuh perjuangan yang lebih. Dengan teknik silence birth ini, tak akan terdengar teriakan dari seorang ibu yang sedang dalam proses persalinan. Hanya akan ada tarikan nafas panjang, dan hembusan lega saat mereka berhasil melahirkan bayinya.

Teknik yang satu ini dikembangkan oleh Dokter Ron L. Hubbard. Kunci dari silence birth ini, seorang ibu yang akan melahirkan harus berada dalam suasana dan lingkungan sekitar yang sangat tenang dan damai. Dengan begitu, alam bawah sadar mereka akan ikut merasa tenang, sehingga dia bisa dengan mudah menjalani proses kelahiran buah hatinya.



Teknik yang satu ini akan melibatkan orang selain suami, untuk membantu memberi sugesti positif. Sang ibu yang akan melahirkan itu bakal dihipnotis serta diminta untuk bermeditasi. Dengan begitu, rasa takut dan gugup pun bakal hilang perlahan. Hal ini dikarenakan hormon endorfin terstimulasi lewat meditasi dan hipnotis tersebut.

Seperti yang kita tahu, endorfin merupakan kandungan candu alami dari dalam tubuh, yang berfungsi untuk menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang. Jika seorang ibu yang akan melahirkan itu merasa senang dan jauh dari rasa tertekan, maka proses persalinan pun bakal lancar.

Well mom, apa ada yang tertarik untuk mengikuti salah satu dari tiga teknik proses persalinan yang disebut gentle birth ini? Karena memang sejatinya melahirkan anak seharusnya bukan menjadi ketakutan bagi para ibu.











Posting Komentar

 
Top