0
Ilustrasi

Memberikan ASI atau Air Susu Ibu pada buah hati menuntutmu untuk selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang kamu konsumsi . Jika pada hari biasa kegiatan makan sehat tidak terlalu menemui kendala , namun di bulan puasa ini kegiatan menyusui bisa menjadi hal yang berat . Sebab asupan makanan jelas berkurang .

Inilah beberapa tips sehat agar bisa tetap menyusui namun puasa juga tetap lancar :

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Waktu antara berbuka hingga sahur adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mengonsumsi air putih sebanyak mungkin . Namun hindari untuk meminum kopi atau minuman berkarbonasi lainnya sebab dapat menyebabkan dehidrasi . Padahal saat menyusui kamu butuh banyak asupan air .

HINDARI MENGONSUMSI MAKANAN PEDAS
Perhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka . Perbanyak makan sayur dan buah dan hindari semua makanan pedas serta produk olahan susu . Sebab zat di dalam makanan pedas mampu mempengaruhi kualitas ASI . Sedangkan produk olahan susu akan memicu produksi lendir dan hanya mengentalkan cairan tubuh .

PERHATIKAN AKTIVITAS
Aktivitas yang terlalu padat di bulan ramadan juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI . Sehingga selalu sempatkan waktu beristirahat di tengah padatnya aktivitas . Sebab stres karena aktivitas yang tinggi dapat mempengaruhi kuantitas ASI .

MINTALAH DUKUNGAN DARI LINGKUNGAN SEKITAR
Dukungan dari lingkungan sekitar sangat dibutuhkan oleh para ibu menyusui . Terutama apabila kamu masih belum mengetahui apa yang harus dilakukan oleh ibu menyusui ketika sedang berpuasa agar tetap sehat . Berbagi perasaan dapat meminimalkan stres ibu menyusui sehingga kegiatan menyusui tetap lancar .

Puasa jangan sampai menjadi halangan bagi kamu untuk menyusui buah hati . Oleh sebab itu coba terapkanlah beberapa tips di atas agar kegiatan menyusui tetap lancar di bulan puasa :)

Posting Komentar

 
Top