0

Salah satu kunci kebahagiaan di dunia ini adalah sehat baik jiwa maupun raga. Bila kedua hal tersebut tercapai, tak ada yang bisa menghalangi seorang manusia menuju puncak kehidupan, baik secara spiritual maupun material.

Kalau menjaga kesehatan raga tentu banyak orang sudah tahu bagaimana caranya, yaitu dengan berolahraga dan pola hidup yang sehat. Bila sakit tinggal gunakan obat yang efektif menyembuhkan.

Namun bagaimana caranya memiliki jiwa yang sehat? Masih sedikit saja orang yang tahu caranya.
berikut adalah kunci menjaga kesehatan jiwa ^^,

Memiliki Kehidupan Sosial yang Baik

Sebagai mahkluk sosial, seseorang membutuhkan orang lain untuk tetap bertahan hidup. Tidak hanya sebagai teman beraktivitas, tapi juga berbagi kisah dalam obrolan-obrolan saat bertemu. Manusia memang memiliki naluri untuk berkumpul dengan sesamanya dan mengeluarkan uneg-uneg di dalam kepala. Coba perhatikan teman yang tidak terlalu suka bersosialisasi dengan rekan-rekannya, pasti ia adalah sosok pendiam yang kadang menyebalkan ketika diajak ngobrol. Carilah teman sebanyak-banyaknya. Ikuti berbagai kegiatan sosial sambil menambah relasi.

Aktif Bergerak

Orang yang rajin menjaga kesehatan raganya otomatis akan terdongkrak kesehatan jiwanya. Dengan aktif bergerak, peredaran pun jadi lebih lancar, tubuh juga melepaskan energi-energi positif. Selain itu, beraktivitas juga bisa menjadi sarana rekreasi pelepas penat setelah bekerja sehari penuh. Milikilah sebuah hobi yang Sahabat Braito senangi dan lakukan dengan sepenuh hati. Dijamin, pikiran akan tetap jernih dan terbuka.

Menghargai Diri Sendiri

Tahu cara menghargai orang lain itu sudah biasa, tapi sedikit orang yang bisa menghargai dirinya sendiri. Jangan sampai kita jarang atau tak pernah sekali pun memberikan penghargaan pada diri sendiri. Hal ini dikhawatirkan malah bikin seseorang jadi merasa hampa, tak memiliki motivasi dalam kehidupannya.

Kalau sudah begini, orang bakal mudah sakit jiwa, seperti tekanan batin atau depresi. Ketahuilah, semua makhluk itu sama di mata Tuhan. Kalau bisa menghargai orang lain, cobalah untuk menghargai diri sendiri, tak perlu menunggu penghargaan dari orang lain  supaya lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Berbagi

Siapa sih yang tak tahu indahnya berbagi? Bahkan preman yang paling keras hati pun juga akan merasa bahagia dalam hati ketika ia mau berbagi dengan orang lain. Percayalah bahwa kita mendapatkan lebih dari yang pernah diberikan kepada orang lain. Selain itu, berbagi juga melatih indera perasaan manusia agar lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Belajar

Belajar tidak melulu harus bersama buku. Pengalaman hidup pun juga bisa dijadikan sebagai guru. Pelajarilah berbagai tindak-tanduk manusia, dan bagaimana mereka menghadapi berbagai masalah. Ini akan menjadi sebuah ilmu yang sangat berharga. Tidak hanya menjadikan kita lebih bijaksana, tapi juga menghargai sesama.

Sehat itu harus seimbang. Jangan sampai raga terlihat kuat, tapi ternyata jiwanya rapuh. Kalau badan terjaga, jiwa dan pikiran juga harus bersih dan sehat. Dengan keseimbangan ini, manusia akan merasakan kesempurnaan dan kebahagiaan dalam kehidupannya.


Posting Komentar

 
Top