0

Tidak terasa ya hari ini telah sampai pada hari ke-14 puasa di bulan Ramadan. Bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan aktivitas puasa dan sehat selalu serta senantiasa mendapat berkah dari Allah SWT.

Bagi umat muslim, puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang harus dilakukan. Tentang puasa sendiri, ibadah ini pada dasarnya memiliki segudang manfaat bagi siapa saja yang mendirikan dan melaksanakannya. Tak hanya bermanfaat untuk mendatangkan pahala yang berlimpah, puasa juga sebagai ibadah yang akan menjamin kesehatan seseorang.

H. Amirulloh Syarbini, M. Ag dalam bukunya The Miracle of Fast: Mengungkap Keajaiban Puasa dari Aspek Agama, Medis dan Psikologis mengungkapkan bahwa dari sisi kesehatan, puasa bermanfaat baik dalam mengatasi masalah pusing atau sakit kepala. Puasa juga bermanfaat untuk menenangkan pikiran yang kalut, stres, depresi dan sejenisnya.

Amirulloh mengatakan, "Melalui eksperimen ilmiah, keberhasilan puasa juga terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala sebelah atau yang sering disebut migrain."

Bukan hanya itu saja, Jika rutin menjalankan ibadah puasa baik puasa wajib maupun sunah, hal ini bisa bermanfaat untuk bantu kita mendapatkan tubuh yang semakin langsing tanpa efek samping. Dengan catatan, pola makan dan hidup selama puasa senantiasa dijaga dengan baik. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun harus diperhatikan dengan sangat hati-hati juga teliti.

"Puasa secara efektif membantu para pasien yang menderita kelebihan berat badan, kegemukan atau obesitas agar terbebas dari kelebihan berat badan secara bertahap dan tidak memiliki risiko memberatkan. Sebab, jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang di tengah berpuasa menjadi sedikit. Dengan demikian, jumlah lemak yang mengendap di dalam tubuh juga menjadi sedikit," tulis Amirulloh dalam bukunya.

Sekarang tahu khan bahwa puasa sangat penting dan juga bermanfaat bagi kesehatan, sebagai umat muslim usahakan untuk senantiasa rutin berpuasa. Tak hanya rutin berpuasa wajib di bulan Ramadan, sangat baik jika kamu juga mendirikan puasa sunah di hari-hari biasa. Semoga informasi ini bermanfaat.



Posting Komentar

 
Top