0
Ilustrasi

Sembelit atau konstipasi biasanya terjadi karena pola makan yang rendah serat , gaya hidup tidak sehat , atau kurang tidur . Jika kamu mengalami konstipasi karena pola hidup tersebut, maka untuk menyembuhkannya sangat mudah yaitu membuat pola hidupmu jadi sehat kembali .

Namun ada kalanya sembelit juga bisa terjadi karena beberapa kondisi medis atau gangguan kesehatan yang menyerang tubuh . Apa saja ?
berikut adalah daftarnya :

HIPOTIROIDISME
Hipotiroidisme terjadi akibat kurang aktifnya kelenjar tiroid yang kemudian menimbulkan efek samping , salah satunya adalah sembelit . Sebabnya hipotiroidisme bisa memperlambat gerakan fisiologis , termasuk di sistem pencernaan .

POLIFARMASI
Polifarmasi atau mengonsumsi obat secara berlebih akan memberikan pengaruh pada tubuh . Efek samping yang paling umum adalah sembelit . Beberapa contoh obat yang bisa menyebabkan sembelit adalah antidepresan , obat penghilang rasa sakit , vitamin tertentu , dan obat alergi .

IBS ATAU IRRITABLE BOWEL SYNDROME
IBS adalah gangguan pencernaan yang merupakan kombinasi dari diare serta sembelit.

KONDISI NEUROLOGIS
Kondisi neurologis tertentu seperti multiple sclerosis , penyakit Parkinson , atau cedera tulang belakang mampu menyebabkan sembelit . Sebabnya penyakit ini akan membuat otot-otot di usus mengencang dan kemudian memperlambat pergerakan kotoran untuk keluar .

MASALAH DI USUS
Masalah di usus ini meliputi obstruksi di usus besar , penyempitan usus , atau rektokel yang kemudian bisa membuatmu mengalami sembelit .

INFEKSI USUS
Terkadang infeksi bakteri atau infeksi internal lainnya di usus juga bisa menyebabkan sembelit .

TUMBUHNYA TUMOR
Tumbuhnya tumor jinak bisa menyumbat jalan keluarnya kotoran yang kemudian berakhir dengan munculnya sembelit .

KANKER USUS
Ketika tumor tak kunjung diobati , maka akan menjadi parah dan menjadi kanker . Sembelit menjadi salah satu efek buruknya .

Posting Komentar

 
Top